Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia)

Posted by Sigit Tutorial On Selasa, 26 Februari 2013 0 komentar


Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia)
Di materi tentang sistem ekskresi pada manusia, kita telah mempelajari tentang detail ginjal. Nah, kini kita akan mempelajarinya secara lebih mendalam seluruh bagian-bagiannya. Untuk mempermudah dalam belajar, kita akan menggunakan gambar yang telah kami terjemahkan bagian-bagiannya dalam Bahasa Indonesia. Disini, kami akan menjelaskan secara detail bagian-bagian serta fungsi dan penjelasannya. Langsung saja kita simak yang pertama:
(Perhatikan gambar detail ginjal di atas)
Korteks: Adalah bagian ginjal yang terdapat badan-bagan malpighi(glomerulus dan kapsula bowman), tubulus kontortus proksimal, dan tubulus kontortus distal.
Nefron: Adalah tempat penyaringan darah. Di dalam ginjal terdapat lebih dari 1 juta buah nefron. 1 nefron terdiri dari glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus.
Medula: Terdiri dari 9 sampai 14 bagian yang berbentuk piramid. Di dalamnya terdapat lengkung henle dan tubulus kolektivus.
Pelvis: Merupakan tempat bermuaranya tubulus yaitu tempat penampungan urin sementara yang akan dialirkan menuju kandung kemih melalui ureter dan dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.
Glomerulus: Tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, garam, asam amino, glukosa, dan urea. Menghasilkan urin primer.
Kapsula bowman: Adalah semacam kantong/kapsul yang membungkus glomerulus. Kapsula bowman ditemukan oleh Sir William Bowman.
Tubulus kontortus proksimal: Adalah tempat penyerapan kembali/reabsorpsi urin primer yang menyerap glukosa, garam, air, dan asam amino. Menghasilkan urin sekunder.
Lengkung henle: Penghubung antara tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal.
Tubulus kontortus distal: Tempat untuk melepaskan zat-zat yang tidak berguna lagi atau berlebihan ke dalam urin sekunder. Menghasilkan urin sesungguhnya.
Tubulus kolektivus: Adalah tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih.

http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/07/detail-ginjal-dalam-bahasa-indonesia.html

Semoga artikel Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia) bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar