BIOLOGI “ Phyrrophyta “

Posted by Sigit Tutorial On Jumat, 02 Desember 2011 0 komentar

Pyrrophyta adalah alga uniselular (bersel satu) dengan dua flagel yang berlainan, berbentuk pita, keluar dari sisi perut dalam suatu saluran.
Alga yang termasuk alga api ini disebut Dino Flagellata. Tubuhnya tersusun atas satu sel memiliki dinding sel dan dapat bergerak aktif.
Ciri yang utama bahwa di sebelah luar terdapat celah dan alur, masing-masing mengandung satu flagel. Alga api berkembangbiak dengan membelah diri, kebanyakan hidup di laut dan sebagian kecil hidup di air tawar. Contohnya adalah Perodinium. Alga api yang hidup di laut memiliki sifat fosforesensi yaitu memiliki fosfor yang memancarkan cahaya.

KLASIFIKASI

Pyrrophyta (Alga Api)


Name       :Dinoflagellates
Class        :Dinoflagellata, Dinophyceae
      Phylum     :Dinophyta
Order       :Gonyaulacales
Species     :Gonyaulax balechii

ciri khas dari sel ini adalah :
di sebelah luar sel terdapat celah dan alur serta di dalam sel terdapat plastida yang mengandung klorofil dan karatinoid sehingga berwarna cokelat kekuning-kuningan. cara memperbanyak diri pyrrophyta yaitu dengan membelah diri. habitatnya di air tawar dan air asin. Alat Gerak pyrrophyta berupa flagel, sebanyak dua buah, satu buah melingkar satu bagian lainnya berada di posterio. Cara Perkembangbiakan Pyrrophyta dengan cara vegetatif yaitu, pembelahan sel yang bergerak, jika sel memiliki panser, maka selubung akan pecah. Selain itu juga pyrrophyta berkembangbiak dengan cara Sexual, dalam sel terbentuk 4 isogamet yang masing-masing dapat mengadakan perkawinan dengan isogamet dari individu lain Sporik, yaitu dengan zoospora (contohnya Gloeonidium) dan aplanospora (contohnya Glenodinium).

Semoga artikel BIOLOGI “ Phyrrophyta “ bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar